PERTANIAN & PERKEBUNAN

Info Dunia Pertanian & Perkebunan
Teknologi pertanian, agrobis, agro, agriculture, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, greenhouse, hidroponik, aquaponik, tanaman organik, budidaya tanaman, budidaya ternak, budidaya ikan, manfaat tanaman, obat herbal, dll.

Toko Plastik Pertanian
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.
Hub. 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 (SMS/Call/WA)

Tahapan Membudidayakan Tanaman Tembakau Dengan Mulsa Plastik

Tahapan Membudidayakan Tanaman Tembakau Dengan Mulsa Plastik - Hallo sahabat Pertanian & Perkebunan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tahapan Membudidayakan Tanaman Tembakau Dengan Mulsa Plastik, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel harga plastik mulsa eceran, Artikel harga plastik mulsa per meter, Artikel harga plastik mulsa untuk tambak, Artikel harga plastik mulsa untuk tanaman cabe, Artikel pabrik plastik mulsa, Artikel ukuran plastik mulsa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tahapan Membudidayakan Tanaman Tembakau Dengan Mulsa Plastik
link : Tahapan Membudidayakan Tanaman Tembakau Dengan Mulsa Plastik

Baca juga


Tahapan Membudidayakan Tanaman Tembakau Dengan Mulsa Plastik

Jual Mulsa Plastik Best Quality - Lim Corporation

Tanaman tembakau merupakan jenis produk pertanian yang tergolong dalam komoditas perkebunan. Tembakau ini umumnya dipakai sebagai bahan baku rokok dan cerutu. Bagian yang dimanfaatkan dari tumbuhan tembakau ini adalah daunnya. Adapun beberapa spesies yang tergolong nikotiana yang dapat juga disebut dengan tembakau, yaitu Nicotiana tabacum.Tumbuhan ini memiliki kanandungan zat nikotin yang paling tinggi bila dibandingkan dengan tanaman yang lainnya. Walau begitu, tembakau tidak mengandung senyawa tropan alkaloida yang sangat berbahaya bagi manusia. Daerah penghasil tembakau di Indonesia, yaitu seperti Klaten, Sleman, Boyolali, Madura, Temanggung, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :
Syarat tumbuh tembakau
Tumbuhan tembakau ini tumbuh dengan maksimal apabila ditanam pada daerah yang mempunyai iklim tropis dengan suhu sekitar 21°C – 27°C, dengan curah hujan rata-rata sekitar 1500 mm - 2000 mm setiap tahun, serta mempunyai kelembapan udara sekitar 50% - 70% dan mendapat sinar matahari secara penuh. Tanah yang baik untuk menanam tembakau yaitu tanah yang bertekstur liat berpasir, gembur, remah, dan mempunyai drainase yang baik serta mempunyai derajat keasaman atau pH sekitar 5 , 5 - 6 , 5.

Persiapan lahan tanaman tembakau 
Tembakau bisa tumbuh dengan baik di lahan tegalan dan lahan persawahan yang mempunyai drainase yang baik. Lahan yang akan dipakai untuk budidaya dibersihkan terlebih dulu dari tanaman pengganggu. Selanjutnya, tabah pada lahan digemburkan dengan memakai bajak atau cangkul dengan kedalaman sekitar 20 cm - 30 cm kemudian diratakan kembali.
Sesudah itu, buatlah bedengan dengan ukuran sekitar 120 cm x 10 cm dengan jarak setiap bedengan sekitar 50 cm.

Mulsa Plastik Tanimur


Secara umum pemakaian mulsa mampu menekan kematian tanaman yang disebabkan oleh serangan ulat tanah, penyakit tular tanah dan virus menjadi 3,31 %. Sedangkan pada kontrol sebesar 7,29 %. Selain itu penggunaan mulsa merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan efisiensi tenaga kerja pengolahan tanah dan siram. Dari hasil percobaan yang telah dilakukan diharapkan mampu memberikan hasil positif dan membuka peluang untuk meningkatkan efisiensi dan produktifitas tembakau PTPN X di masa mendatang.

Persiapan benih tembakau
Pilihlah varietas benih tembakau yang mempunyai kualitas tinggi, bentuk dan warnanya yang seragam, mempunyai daya tumbuh sekitar 85%, tahan terhadap serangan hama dan penyakit dan tentunya yang mempunyai hasil produksi yang tinggi.

Persemaian benih tembakau
Setelah benih sudah siap langkah selanjutnya melakukan persemaian benih. Tetapi sebelum menyemaikan benih, buatlah lahan semai yang berupa bedengan dengan ukuran sekitar 1 m - 2 m untuk lebar, 50 cm - 80 cm untuk tinggi serta untuk panjangnya sekitar 5 m - 6 m, kemudian berikan naungan berupa plastik transparan supaya bibit tersebut terkena sinar matahari secara langsung.
Kemudian 5 hari atau 1 minggu sesudah media semai dibuat, setelah itu taburkan benih pada bedengan. Kemudian laksanakan penyiraman dengan memakai gembor setiap pagi hari dan sore hari. Sesudah bibit berumur sekitar 35 - 50 hari, bibit bisa dipindah tanamkan ke lahan tanam yang permanen.



Penanaman tembakau
Penanaman tembakau dilakukan pada awal musim penghujan atau akhir musim kemarau. Waktu penanaman tersebut yaitu dilaksanakan pada sore hari untuk menghindarkan bibit layu karena sinar matahari yang terlalu berlebih. Tembakau ditanam dengan memakai sistem pagar ganda dengan kedalaman tanam sebatas pangkal batang. Umumnya para petani di indonesia memakai pola tanam yaitu jarak tanam sekitar 100 cm x 50 cm atau 100 cm x 45 cm dengan populasi bibit 33.000 per hektar.

- Penyulaman
Proses selanjutnya yaitu melakukan penyulaman atau penggantian tanaman yang mati atau tumbuhan yang tak tumbuh dengan maksimal. Proses penyulaman ini dikerjakan tak lebih dari 5 - 7 hari sesudah tanam.

- Penyiraman
Penyiraman dilakukan hingga tanaman berumur sekitar 30 - 45 hari sesudah tanam dengan cara gembor pada pagi hari dan sore hari supaya media tanam tetap lembab.

- Penyiangan
Proses penyiangan pada tanaman pengganggu lain yang tumbuh pada sekitar tanaman tembakau yaitu dengan menggunakan koret atau bisa juga menggunakan pestisida.

- Pembubunan
Proses pembubunan dilakukan dengan tujuan untuk menggemburkan tanah dengan cara menaikan lagi tanah yang longsor akibat penyiraman air ke tanaman.

- Pemupukan
Pemupukan dilakukan sebanyak 3 kali selama masa tanam yaitu pada 7 - 10 hari sesudah tanam, 20 - 25 hari sesudah tanam, dan 40 - 45 hari sesudah tanam. Pupuk yang dipakai bisa berupa pupuk organik seperti pupuk kompos atau pupuk anorganik seperti Urea, TSP serta KCl.

Pemanenan tembakau
Pemanenan tanaman tembakau untuk yang pertama kali bisa dilaksanakan pada 60 - 70 hari sesudah tanam. Pemanenan tersebut dikerjakan dengan cara memetik daunnya. Supaya memperoleh kadar pati yang tinggi, pemetikan tembakau dilaksanakan pada sore hari.

Banner mulsa tambak montana

Info selengkapnya mengenai harga Mulsa Plastik klik DISINI

Jika anda memerlukan atau ingin memesan Plastik Mulsa untuk budidaya tanaman dan buah atau digunakan untuk yang lainnya silakan langsung hubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar Kami TUTUP).
Customer Service : 
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email: limcorporation2009@gmail.com
WhatsappAdmin 1 Admin 2 Admin 3

Catatan :
- Minim Order 10 Roll
- Harga netto (non PPN)
- Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
- Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu


Demikianlah Artikel Tahapan Membudidayakan Tanaman Tembakau Dengan Mulsa Plastik

Sekianlah artikel Tahapan Membudidayakan Tanaman Tembakau Dengan Mulsa Plastik kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tahapan Membudidayakan Tanaman Tembakau Dengan Mulsa Plastik dengan alamat link https://pertanianperkebunan123.blogspot.com/2019/01/tahapan-membudidayakan-tanaman-tembakau.html

0 Response to "Tahapan Membudidayakan Tanaman Tembakau Dengan Mulsa Plastik"

Posting Komentar