PERTANIAN & PERKEBUNAN

Info Dunia Pertanian & Perkebunan
Teknologi pertanian, agrobis, agro, agriculture, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, greenhouse, hidroponik, aquaponik, tanaman organik, budidaya tanaman, budidaya ternak, budidaya ikan, manfaat tanaman, obat herbal, dll.

Toko Plastik Pertanian
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.
Hub. 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 (SMS/Call/WA)

Budidaya Ikan Dan Tanaman Di Rumah Dengan Aquaponik

Budidaya Ikan Dan Tanaman Di Rumah Dengan Aquaponik - Hallo sahabat Pertanian & Perkebunan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Budidaya Ikan Dan Tanaman Di Rumah Dengan Aquaponik, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya Ikan, Artikel Budidaya Sayuran, Artikel Budidaya Sayuran Organik Dalam Polybag, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Budidaya Ikan Dan Tanaman Di Rumah Dengan Aquaponik
link : Budidaya Ikan Dan Tanaman Di Rumah Dengan Aquaponik

Baca juga


Budidaya Ikan Dan Tanaman Di Rumah Dengan Aquaponik

   
      Anda pasti pernah mengenai hidroponik, budidaya tanaman dengan memanfaatkan air sebagai media tanamnya. Namun apakah anda pernah mendengar mengenai aquaponik? aquaponik adalah kombinasi antara hidroponik dengan aquakultur. Binatang yang dimaksud dalam budidaya ini adalah ikan.
      Menggunakan teknik ini, Anda dimungkinkan untuk memelihara atau mengembangkan tanaman serta ikan secara beriringan, dalam satu tempat serta satu waktu.Menjalankan hidroponik di rumah memang praktis. Sayangnya, harga dari vitamin atau gizi yang diperlukan sangat mahal.
      Begitu pula bila anda menjalankan aquakultur. Kecuali seharusnya memberi pakan sehat, anda juga seharusnya membersihkan kolam secara rutin supaya ikan bisa tumbuh dengan baik.

Baca Juga :
Alur dan cara aquaponik.
  1. Dalam cara kerja aquaponik ini terjadi simbiosis mutualisme.
  2. Tanaman menerima sumber makanan dari limbah kotoran ikan.
  3. Sementara itu ikan memperoleh air sebagai tempat hidup dari air sesudah dimurnikan oleh tanaman.
  4. Jadi anda tak perlu repot-repot membeli pakan dan gizi untuk keduanya serta mengeluarkan uang yang banyak. Apabila dijabarkan siklusnya, dalam cara kerja aquakultur, ada sisa pakan yang diwujudkan ikan dalam bentuk feses yang terakumulasi di dalam air.
  5. Feses dengan kandungan nitrat dan amonia ini bersifat toksin atau berbisa bagi ikan, melainkan sebetulnya kaya gizi bila diwujudkan sumber hara bagi tanaman. Pada saat nitrat telah terserap oleh tanaman sebagai bahan makanannya, di waktu yang sama tanaman menyuling air dari bahan yang membahayakan, kemudian kembali ke kolam ikan.
Untuk membuat budidaya dengan sistem ini, yang anda butuhkan ialah sebagai berikut :
  • Kolam atau tangki pemeliharaan ikan.
  • Unit penangkap dan pemisahan limbah padat (sisa pakan dan feses).
  • Bio filter, sebagai media tumbuh kuman nitrifikasi dan mengkonversi amonia menjadi nitrat, yang bisa digunakan oleh tanaman.
  • Sub sistem hidroponik, ialah bagian dari sistem di mana tanaman tumbuh dengan menyerap kelebihan hara dari air.
  • Sump, spot terendah dalam sistem. Tempat air mengalir ke dan dari, yang dipompa kembali ke tangki pemeliharaan.
  • Model Aquaponik di Rumah
Berikut ini sebagian figur desain aquaponik yang bisa diciptakan di rumah :
      Ketiga media sistem aquaponik ini rata-rata bisa bertahan selama 10 tahun penggunaan dan menghabiskan sekitar Rp5-10 juta untuk tarif pembuatannya. Menggunakan figur hal yang demikian, anda bisa membudidayakan sekitar 500-4000 ekor ikan dan 20-200 lubang tanaman. Tentunya anda juga bisa membuat aquaponik versi lebih kecil dengan tarif pembuatan yang lebih murah.

Macam-macam sayuran dan ikan yang bisa dibudidaya sebagai berikut :
  • Sayuran yang bisa ditanam ialah okra, tomat, paprika, selada, kemangi, buncis, kol, kacang polong, talas, bawang, ubi jalar, stroberi, dan rempah-rempah bumbu dapur.
  • Ikan yang bisa pelihara ialah ikan mas, nila, lele, patin, belut, dan lobster air tawar.


Demikianlah Artikel Budidaya Ikan Dan Tanaman Di Rumah Dengan Aquaponik

Sekianlah artikel Budidaya Ikan Dan Tanaman Di Rumah Dengan Aquaponik kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Budidaya Ikan Dan Tanaman Di Rumah Dengan Aquaponik dengan alamat link https://pertanianperkebunan123.blogspot.com/2018/03/budidaya-ikan-dan-tanaman-di-rumah.html

0 Response to "Budidaya Ikan Dan Tanaman Di Rumah Dengan Aquaponik"

Posting Komentar