PERTANIAN & PERKEBUNAN

Info Dunia Pertanian & Perkebunan
Teknologi pertanian, agrobis, agro, agriculture, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, greenhouse, hidroponik, aquaponik, tanaman organik, budidaya tanaman, budidaya ternak, budidaya ikan, manfaat tanaman, obat herbal, dll.

Toko Plastik Pertanian
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.
Hub. 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 (SMS/Call/WA)

Memanfaatkan Mulsa Plastik Untuk Budidaya Sayuran Kol

Memanfaatkan Mulsa Plastik Untuk Budidaya Sayuran Kol - Hallo sahabat Pertanian & Perkebunan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Memanfaatkan Mulsa Plastik Untuk Budidaya Sayuran Kol, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel 1. Plastik UV Lokal, Artikel 2. Plastik UV Import, Artikel Apa Itu Paranet?, Artikel Aquascape, Artikel Berbagai Macam Penggunaan Plastik UV, Artikel Budidaya Buah Kelengkeng, Artikel Budidaya Ikan, Artikel Budidaya Melon Dalam Polybag, Artikel Budidaya Sayuran, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Memanfaatkan Mulsa Plastik Untuk Budidaya Sayuran Kol
link : Memanfaatkan Mulsa Plastik Untuk Budidaya Sayuran Kol

Baca juga


Memanfaatkan Mulsa Plastik Untuk Budidaya Sayuran Kol

Jual Mulsa Plastik Murah - Lim Corporation

Kol merupakan sejenis sayuran daun yang masuk ke dalam kelompok kultivar Brassica oleracea. Terdapat 3 macam warna yang ada pada kubis yaitu kubis dengan warna hijau pucat, warna hijau, dan warna ungu kemerahan.

Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Sayuran kol yang segar mengandung vitamin. Seperti vitamin A, B,  C, dan E. Kandungan vitamin C dikol bisa bermanfaat untuk mencegah terjadinnya sariawan. Kol banyak mengandung mineral seperti kalium, kalsium, fosfor, natrium, dan besi. Kol yang segar mengandung sejumlah senyawa yang bisa merangsang pembentukan glutation, zat ini merupakan zat yang dibutuhkan untuk menonaktifkan zat beracun dalam tubuh manusia.

Baca Juga :


Banyaknya sekali manfaat yang ada dalam kol ini membuat permintan dipasaran meningkat, untuk anda yang ingin membudidayakan sayur kol anda bisa melihat ulasan dibawah ini mengenai cara membudidayakan kol.

Syarat tumbuh
Kol dapat tumbuh pada tanah yang tidak becek, gembur, subur, banyak mengandung bahan organik serta mempunyai pH sekitar 5,5 hingga 6,5. Walaupun relatif tahan terhadap suhu yang tinggi kol ditanam di daerah pegunungan dengan ketinggian sekitar 400m dpl ke atas di daerah tropik. Umumnya di dataran rendah juga dapat tumbuh namun kol sangat rentan terhadap ulat pemakan daun.


Persiapan lahan budidaya
Lahan yang akan dipakai untuk budidaya kol sebaiknya dibersihkan dulu dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Lali tanah digemburkan dengan cara mencangkuli atau dibajak dengan kedalaman sekitar 20 cm hingga 30 cm. Setelah itu, anda buatlah bedengan dengan ukuran lebar sekitar 1 m, tingginya sekitar 20 sampai 30 cm dan panjangnya disesuaikan dengan lahan serta beri jarak antar bedengan sekitar 30 cm. Jika pH tanah kurang dari 5,5 maka anda bisa lakukan pengapuran dengan memakai dolomit.

Pemupukan dasar
Jenis pupuk yang dipakai untuk pemupukan dasar bisa berupa pupuk organik seperti pupuk kandang atau pupuk kompos dan juga pupuk kimia seperti TSP, KCL dan ZA. Pupuk ini diberikan dengan cara ditabur secara merata diatas area bedegan. Pemberian pupuk kimia bersamaan dengan pemberian pupuk organik. Setelah itu anda biarkan selama 2 hingga 3 minggu.

Pemasangan mulsa plastik
Sebelum anda melakukan pemasangan mulsa plastik, pastikan tanah dalam kondisi basah. Mulsa plastik yang dipakai disesuaikan dengan lebar setiap bedengannya. Pemasangan mulsa plastik ini dilakukan untuk pemeliharaan dan meminimalkan pertumbuhan gulma atau hama.

Jarak tanam kol
Setelah mulsa plastik dipasang, selanjutnya buatlah lubang tanamnya. Caranya dengan lubangi mulsa dengan diameter sekitar 8 sampai 10 cm. Dengan jarak tanam dapat disesuaikan dengan keinginan anda dan juga tergantung pada musimnya. Bila musim hujan, maka jarak tanam dibuat lebih jarang supaya lingkungan disekitar tanaman tak terlalu lembab dan supaya hama dan penyakit bisa terkendali. Sedangkan saat musim kemarau, jarak tanamnya dibuat lebih rapat.

Penanaman bibit kol
Setelah bibit dan lahan sudah siap, maka selanjutnya lakukan penanaman. Lubang tanam pada bedengan dibuat dengan cara ditugal sesuaikan dengan ukuran media semai.

Penyiraman tanaman
Saat masih pada awal masa tanam, penyiraman dikerjakan secara rutin setiap pagi dan sore hari, namun bila hujan maka tak perlu lakukan penyiranam. Setelah tanama berumur sekitar 30 hari, penyiraman bisa dilakukan dengan cara setiap 2 hingga 3 hari sekali atau disesuaikan dengan kondisi lahan.

Penyulaman tanaman
Sebelum tanaman berumur 2 minggu, bila ada tanaman yang mati atau tumbuhnya tidak normal maka lakukan penyulaman atau penggantian tanaman yang mati atau yang tumbuh tak normal tersebut dengan tanaman yang baru.

Pemupukan susulan
Pemupukan susulan dikerjakan dengan memakai pupuk urea, kl, dan za dengan perbandingan 1 : 2  Pemupukan susulan pertama dikerjakan saat tanaman berumur sekitar 25 hari dan pemupukan susulan berikutnya dilakukan setiap 10 hingga 15 hari sekali. Pemberian pupuk tersebut dikerjakan dengan cara di kocor.

Hama 
Hama dan penyakit yang menyerang tanaman kubis diantaranya yaitu ulat plutella, ulat tanah, kutu daun, ulat jengkal, ulat grayak, penyakit busuk menghitam, busuk lunak, dan akar membengkak. Pengendalian hama dan penyakit ini bisa dilakukan secara alami atau menggunakan bahan kimia.

Pemanenan kubis
Kubis bisa dipanen setelah berumur 60 sampai 90 hari atau lebih lama lagi setelah tanam tergantung varietas saat ditanam. Proses pemanenannya juga cukup mudah, setelah anda selesai memanennya anda bisa menggumpulkan menjadi satu kemudian mengemasnya serapi mungkin. Lalu selanjutnya diangkut dan dikirim ke pasar – pasar induk untuk dijual.

plastik-mulsa-hitam-perak-1
Jual Mulsa Plastik Harga Pabrik
Info selengkapnya mengenai harga Mulsa Plastik klik DISINI

Jika anda memerlukan atau ingin memesan Mulsa Plastik untuk budidaya tanaman dan buah atau digunakan untuk yang lainnya silakan langsung hubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar Kami TUTUP).

Customer Service : 
Telp : 0318830487 (Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB)
Mobile : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan :
– Minim Order 10 Roll
– Harga netto (non PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu


Demikianlah Artikel Memanfaatkan Mulsa Plastik Untuk Budidaya Sayuran Kol

Sekianlah artikel Memanfaatkan Mulsa Plastik Untuk Budidaya Sayuran Kol kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Memanfaatkan Mulsa Plastik Untuk Budidaya Sayuran Kol dengan alamat link https://pertanianperkebunan123.blogspot.com/2018/11/memanfaatkan-mulsa-plastik-untuk.html

0 Response to "Memanfaatkan Mulsa Plastik Untuk Budidaya Sayuran Kol"

Posting Komentar